close
Klik 2x untuk menutup(x)
Selamat Datang Di JagoanKode.blogspot.com

Rabu, 12 Februari 2020

TIPS MERAWAT LAPTOP AGAR AWET

Walaupun waktu pakainya tidak sesingkat smartphone, namun laptop juga tetap menjadi salah satu perangkat elektronik yang paling sering diganti. Selain adanya versi baru yang kualitasnya lebih baik, alasan lain untuk membeli laptop baru adalah karena laptop lamanya mengalami kerusakan. Banyak hal yang menyebabkan laptop cepat rusak, salah satunya adalah cara merawat laptop yang tidak benar.
Ya, hingga saat ini banyak orang yang belum mengetahui cara perawatan laptop yang baik dan benar sehingga perangkat yang mereka miliki akan cepat rusak. Oleh karena itu kali ini sayal akan mengulas langkah mudah dalam merawat laptop agar bisa bertahan lebih lama dan tidak mudah rusak.

  • Gunakan Laptop Secara Hati-Hati

Laptop merupakan perangkat yang sangat rapuh sehingga komponennya akan mudah rusak jika terjatuh, terbentur, dan lainnya. Beberapa komponen memang dapat diganti, namun jika yang mengalami kerusakan itu hard disk maka secara otomatis data yang Anda miliki juga akan hilang dan tentunya tidak bisa diganti.
Komponen lainnya yang cukup ringkih adalah monitor. Jika monitor laptop mengalami kerusakan, maka tidak sedikit biaya yang harus dikeluarkan untuk memperbaiki atau menggantinya. Oleh karena itu, selalu berhati-hatilah ketika menggunakan laptop atau membawanya pergi agar tidak terjatuh, terbentur, atau bahkan tersiram cairan.

  • Bersihkan Laptop Secara Teratur
Cara merawat laptop selanjutnya adalah dengan membersihkan komponennya secara berkala. Komponen yang wajib untuk selalu dibersihkan adalah fan atau kipas karena komponen tersebut merupakan tempat berkumpulnya debu dan kotoran. Jika debu tersebut sudah terlalu banyak, biasanya kipas tidak akan berfungsi dengan baik sehingga laptop Anda cepat panas dan sering mati secara tiba-tiba.
Membersihkan fan laptop memang cukup sulit karena Anda harus membongkarnya. Oleh karena itu, mintalah orang yang sudah ahli atau membawanya ke tempat servis untuk membersihkan kipas tersebut. Selain kipas, komponen lainnya seperti keyboard, monitor, dan lainnya juga harus dibersihkan secara teratur agar tidak cepat rusak.

  • Pilih Sistem Operasi Yang Cocok

Banyak orang mengganti laptop karena laptop yang mereka miliki bekerja dengan sangat lambat. Selain disebabkan oleh faktor usia hardware, hal tersebut biasanya juga terjadi karena pengguna memasang sistem operasi yang tidak cocok pada laptopnya. Sebagai contoh, laptop tua dengan RAM sebesar 512 MB tentu tidak akan cocok untuk menjalankan Windows 7 ataupun Windows 8.
Oleh karena itu, jika laptop Anda memiliki spesifikasi pas-pasan, pilihlah Windows XP yang lebih ringan daripada Windows terbaru. Jika khawatir dengan keamanan Windows XP, gunakanlah distro Linux yang mirip widows XP.

tulah beberapa langkah mudah untuk menjaga laptop Anda agar tidak cepat mengalami kerusakan. Apakah Anda memilih cara merawat laptop yang lainnya? Silahkan bagikan dengan pembaca lain di kolom komentar di bawah ini.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar