close
Klik 2x untuk menutup(x)
Selamat Datang Di JagoanKode.blogspot.com

Jumat, 24 April 2020

5 Aktivitas Dapat Dilakukan Selama Berpuasa di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19

Bulan puasa tinggal menghitung hari, tetapi kita harus tetap berada di rumah karena pandemi corona covid-19 yang terjadi. Beberapa aktivitas rutin yang seharusnya kita lakukan saat melaksanakan ibadah puasa, seperti ngabuburit harus kita lupakan karena adanya musibah 
Walaupun begitu, masih ada beberapa aktivitas yang dapat kita lakukan meski melaksanakanibadah puasa di rumah aja. Selain mendapatkan pahala, kita juga bisa menghabiskan waktu dengan hal positif dalam melaksanakan ibadah puasa selama social distancing.
Dilansir dari berbagai sumber, inilah 5 aktivitas yang dapat kita lakukan saat melaksanakan ibadah puasa di tengah pandemi virus corona covid-19.

1. Tadarus

Tadaruscredit: Pixabay
Aktivitas pertama yaitu dengan melakukan tadarus Al Quran. Saat melaksanakan ibadah puasa, kegiatan bertadarus adalah pilihan yang tepat. Kalian bisa menghabiskan banyak waktu untuk bertadarus dan memahami Al Quran di waktu yang senggang.
Kalian bisa memulainya dengan membuat daftar mengaji, hal itu dilakukan agar kalian dapat mengetahui jadwal rutin saat akan melakukan tadarus Al Quran. Kalian juga bisa mencatat, apa saja yang sudah dipelajari dalam Al Quran setiap harinya.
Hal ini bukan hanya dapat menghabiskan waktu luang di rumah secara positif, tetapi kita juga bisa mendapatkan pahala karena telah melaksanakannya. Kalian bisa mengisi waktu tadarus setelah sholat subuh, sehabis dzuhur atau setelah sholat ashar. Kapanpun bisa kalian manfaatkan untuk melakukannya.

2. Perbanyak Sholat Sunnah

Perbanyak Sholat Sunnahcredit: Pixabay
Hal yang dapat kita lakukan saat melaksanakan ibadah puasa selanjutnya adalah dengan memperbanyak sholat sunnah. Saat kalian memiliki banyak waktu di rumah, ada baiknya untuk memperbanyak kegiatan sholat sunnah.
Kalian bisa memulai dengan melakukan sholat sunnah dhuha sebanyak 2 rakaat, lalu besoknya bisa ditambah lagi 2 rakaat hingga batas kemampuan yang kalian miliki. Kalian juga bisa memulai untuk melakukan sholat tahajud di malam hari saat sebelum sahur. Bila terasa berat kalian bisa memulai dengan 2 rakaat terlebih dahulu.
Masih banyak sholat sunnah yang dapat dilakukan sehari-hari selama melaksanakan ibadah puasa. Selain dapat mengisi waktu, kita juga akan mendapatkan pahala lebih dari Allah SWT bila mengerjakannya.

3. Belajar Ilmu Agama Online

Belajar Ilmu Agama Onlinecredit: Pixabay
Untuk memperdalam kembali kegiatan tadarus serta ibadah sholat, kita dapat mulai untuk belajar agama secara online. Banyak cara belajar agama secara online, dengan membaca buku atau mendengarkan ceramah dari ustaz-ustaz terkenal yang ada di media sosial.
Sudah banyak ceramah yang online yang dilakukan oleh para ustaz-ustaz terbaik yang ada di Indonesia. Dengan mengisi kegiatan belajar ilmu agama, kita dapat mendapatkan ilmu lebih untuk memperdalam ibadah kita kepada Allah SWT.

4. Bersih-Bersih Rumah

Bersih-Bersih Rumahcredit: Pixabay
Kebersihan sebagian dari iman, Allah SWT suka dengan hambanya yang bersih, Nabi Muhammad Saw pun menyukai kebersihan. Kita dapat melakukan kegiatan bersih-bersih rumah saat melaksanakan ibadah puasa. Bersih-bersih yang dimaksudkan di sini adalah membersihkan rumah secara menyeluruh ya KLovers.
Kalian bisa menjemur sofa, mencuci gorden atau membersihkan rak-rak yang terlihat berdebu. Tak perlu dilakukan secara bersamaan, kalian bisa mencicil satu demi satu setiap harinya. Seperti hari ini kalian bisa memulai dengan menjemur sofa dan membersihkannya.
Kalian juga bisa mengolesi minyak bila kursi tamu kalian terbuat dari kayu, agar terlihat baru kembali. Lalu hari selanjutnya, kalian bisa mencuci semua gorden yang ada di rumah agar tidak berdebu dan rumah terlihat bersih. Banyak hal yang bisa kalian bersihkan di rumah untuk menghabiskan waktu luang yang kalian miliki.

5. Olahraga Ringan

Olahraga Ringancredit: Pixabay
Selanjutnya yang dapat kalian lakukan saat menjalankan ibadah puasa adalah dengan berolahraga. Yang dimaksudkan di sini adalah olahraga ringan ya KLovers, kalian bisa lari-lari kecil di dalam rumah atau melakukan peregangan badan untuk mengeluarkan keringat.
Kalau yang bisa yoga juga dapat melakukan gerakan yoga secara ringan dan tidak terlalu berlebihan. Kalian bisa melakukan olahraga pada pagi hari saat berjemur atau kalian bisa berolahraga saat sore hari sambil menunggu waktu berbuka puasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar